Wisata Uzbekistan

Wisatawan Indonesia suka bepergian ke Uzbekistan. Hal ini diungkapkan Manager Orient Mice Uzbekistan Salim Toshboev, di sela-sela acara TTC Travel Mart Jakarta 2020, Senin (17/2/2020). "Sejak bebas visa tahun kemarin, sudah banyak orang Indonesia ke Uzbekistan, terus ada direct flight juga dari Jakarta ke Uzbekistan langsung turun di Taskhent,"

Menurutnya, salah satu tujuan orang Indonesia ke Uzbekistan untuk mengunjungi Makam Imam al-Bukhari di Samarkand. Makam ini juga telah menjadi salah satu tempat wisata religi umat Islam. Selain berkunjung ke makam Imam al-Bukhari, orang Indonesia juga berkunjung ke beberapa kota di Uzbekistan seperti Tashkent (ibu kota Uzbekistan), Samarkand, Bukhara, dan Khiva. "Kota-kota ini sangat otentik dan masih terawat sejak zaman dulu, sudah ada sekitar abad 15 dan 16. Masih ada masjid-masjid kunonya dan untuk orang Indonesia ini sangat menarik karena yang tidak ada di Indonesia ada di Uzbekistan. Terlebih dengan adanya empat musim di Uzbekistan," ujarnya. Berikut empat kota wisata di Uzbekistan yang sering dikunjungi orang Indonesia: Lihat Foto Suasana jalanan di Tashkent, ibu kota Uzbekistan.

 1. Tashkent

Ibu kota Uzbekistan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang biasa dikunjungi orang Indonesia. Kota ini mempunyai tempat-tempat wisata bersejarah di antaranya Amir Timur Museum, Kukeldash Madrasah, Menara Tashkent, Khazret-Imam Mosque, Genuine Muskhafe-Usman Koran, Independence and Humanitarianism Monument, Zangiota, dan masih banyak lainnya. Kota ini juga terkenal akan jalur sutera atau jalur perdagangan karena merupakan lokasi pemberhentian rute perdagangan dari Asia menuju Eropa selama berabad-abad. Dulunya, kota ini disebut dengan nama Chach, Shash, atau Binkent. Setidaknya ada delapan tempat yang bisa kamu kunjungi dalam sehari di kota ini. Pertama, kamu bisa berkunjung ke Kukeldash Madrasah untuk melihat sejarah madrasah abad pertengahan di Tashkent, lalu ke Independece and Humanitarianism Monument hanya 10 menit perjalanan menggunakan mobil. Kemudian, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Menara Tashkent yang menempuh waktu 15 menit dari Independence and Humanitarianism Monument dengan menggunakan mobil. Kamu bisa melihat bangunan menara televisi Tashkent yang terbesar di Asia Tengah setinggi 375 meter. Selanjutnya, kamu bisa menuju Amir Timur Museum hanya 10 menit dengan mobil dari Menara Tashkent. Lalu melanjutkan perjalanan ke Pamyatnik Amira Timura sekitar 5 menit dengan berjalan kaki. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan ke State Museum Seni Rupa Uzbekistan hanya 1 jam 30 menit dari taman Amir Timura, dan diakhiri di Zangi-ota yang merupakan salah satu masjid kuno.

2. Samarkand

Kota Samarkand menjadi destinasi wisata yang juga tak boleh dilewatkan jika sedang di Uzbekistan. Kota terbesar ketiga di Uzbekistan ini merupakan salah satu kota tertua yang berusia hampir 3.000 tahun. Beberapa peninggalan terbesar dari arsitektur Islam bisa kamu temukan di kota ini. Di antaranya Masjid Bibi-Khanum, Madrasah Ulugbek, Madrasah-Sher-Dor, Madrasah Tilya-Kori, Museum dan situs arkeologi Afrasiab. Lihat Foto Shah-i-Zinda, nekropolis di Samarkand, Uzbekistan.  Kemudian Gur Emir Mausoleum, Shah-i-Zinda Ensemble, Khodja Mausoleum Doniyor, Observatorium Ulugbek, dan Hodja-Abdu Darun. Salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Registan Square. Tempat ini merupakan alun-alun berkelas dunia bahkan dijuluki alun-alun tercantik dunia. Baca juga: 7 Tempat Makan Legendaris Sekitar Alun-alun Malang, Ada yang Berusia 1 Abad Kamu bisa melihat gapura dan pilar-pilar tinggi yang di sekelilingnya tidak pernah sepi oleh pengunjung. Di tempat ini juga terdapat tiga gedung madrasah dan satu masjid. Registan Square juga terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Lihat Foto Bukharas Registan, salah satu monumen bersejarah di Uzbekistan.(Dok. Hazel Plush)

3. Bukhara

Kota satu ini merupakan tempat kelahiran dari Imam al-Bukhari, seorang ahli hadis tersohor di kalangan umat Islam. Bukhara juga termasuk ke dalam situs Warisan Dunia UNESCO. Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata unik nan klasik seperti Benteng Arc Fortress, Mausoleum Ismail Samani, Chashmaya Ayub, Kalyan Minaret, dan masih banyak lainnya. Minaret (menara) di area masjid, Bukhara, Uzbekistan. 

4. Khiva 

salah satu tempat wisata kuno di Khiva, Uzbekistan.(shutterstock.com) Kota ini menjadi tempat lahir dari ilmu matematika aljabar. Selain itu, kota Khiva juga merupakan salah satu rute perdagangan jalur sutra dari Asia ke Eropa. Beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Kota Khiva di antaranya Kalta-minor minaret, Masjid Juma, Said Allauddin, Mausoleum, Itchan Kala, dan tempat kuno lainnya.

Bila sudah berkeliling tempat wisata, kamu bisa beristirahat sejenak dengan makan di pasar dekat Kota Khiva. Berbagai pasar tradisional siap menjamu wisatawan dengan dagangan yang dijualnya.