tanya_jawab_seputar_besi_beton

Tanya Jawab Seputar Besi Beton #MengertiBesi

Apa itu besi beton?
Besi beton dibuat dari hasil pengerolan besi billet. Besi billet sendiri merupakan sebuah balok baja yang biasanya memiliki ukuran 100 x 100 mm, 110 x 110 mm, atau 120 x 120 mm dengan panjang balok sekitar 170 mm.

Apa fungsi besi beton?
Besi beton dimanfaatkan untuk rangka utama serta pondasi penyusunan struktur bangunan. Dikarenakan besi beton mempunyai kemampuan untuk menarik serta menahan gaya tekan sehingga bangunan dapat berdiri kuat dan kokoh.

Apakah besi beton termasuk baja?
Iya. Besi tulangan atau besi beton (reinforcing bar) adalah batang baja yang berbentuk menyerupai jala baja, yang digunakan sebagai alat penekan pada beton bertulang, dan struktur batu bertulang untuk memperkuat dan membantu beton di bawah tekanan.

Apa yang dimaksud dengan besi banci?
Besi banci ialah besi yang memiliki toleransi ketebalan lebih besar daripada besi full SNI, biasanya toleransi tebal berkisar antara 0.6mm – 1.00mm bahkan lebih. Dengan kata lain, besi banci adalah besi yang mereduksi apa yang menjadi berbagai kriteria SNI, menjadi tidak sesuai dengan kualitas. 

Apa perbedaan besi dan baja?
Karakteristik besi dan baja juga berbeda, karena terbuat dari bahan yang berbeda. Besi cenderung lebih mudah berkarat, sedangkan baja memiliki sifat antikarat dan tahan terhadap udara lembap. Meski demikian, besi memiliki tingkat elastisitas yang lebih tinggi daripada baja yang cenderung lebih kaku.

Apa saja kekuatan baja?
Karakteristik utama yang dimiliki oleh baja adalah kekuatannya. Baja mempunyai daya kuat tarik yang sangat baik. Hal ini membuat baja yang diberikan beban akan cenderung mengalami perubahan bentuk (deformasi).

Apakah baja lebih kuat dari besi?
Baja memiliki kelebihan dalam hal tingkat kekerasan yang baik. Sehingga daya tarik baja memiliki kekuatan 1000 kali lipat lebih kuat dibandingkan dengan besi.

Apa saja klasifikasi baja?
Menurut keperluan masing-masing adalah sebagai berikut. Cara pembuatannya: baja bessemer, baja Siemens-Martin (Open- hearth), baja listrik, dan lain-lain. Menurut cara penggunaannya: baja konstruksi, baja mesin, baja pegas, baja ketel, baja perkakas.

Apa saja jenis baja berdasarkan komposisinya?

  • Baja Karbon.
  • Baja Paduan.
  • Baja Paduan Khusus (Special Alloy Steel).
  • High Speed Steel. Baja ini memiliki kandungan karbon sekitar 0,7%-1,5%.

Apa kandungan unsur baja?
Kandungan baja adalah logam paduan antara besi dan karbon dengan kandungan karbon (tidak lebih dari 2 persen). Sedangkan paduan yang lebih lengkap biasanya mengandung unsur: Karbon (C), Mangan (Mn), Tembaga (Cu), Silikon (Si), Nikel (Ni), dan Besi (Fe). Logam baja mempunyai kekuatan melebihi besi.

Apa beda besi beton polos dan ulir?
Ketahanan besi polos adalah 240 Mpa, sedangkan ketahanan jenis ulir terhadap tekanan adalah 400 Mpa. Besi polos lebih mudah dibengkokkan, dilenturkan, dan mudah untuk dipasang dan digunakan. Sementara itu, ulir memiliki ketahanan yang lebih kuat, tetapi pemasangannya membutuhkan tenaga ekstra karena sulit untuk dibengkokkan.

Benarkah besi baja tahan gempa?
Benar. Baja menjadi alternatif bahan bangunan tahan gempa yang sangat baik, karena jika dibandingkan dengan struktur beton, baja dinilai memiliki sifat daktilitas yang dapat dimanfaatkan pada saat struktur memikul beban akibat gempa.

Apa itu baja tulangan, dan mengapa digunakan bersama dengan besi beton?
Baja tulangan, juga dikenal sebagai besi tulangan atau rebar (singkatan dari reinforcing bar). Merupakan batang-batang baja yang memiliki bentuk serupa jala baja. Baja tulangan ini digunakan bersama dengan besi beton dalam konstruksi untuk beberapa alasan penting.

Pertama, meningkatkan ketahanan terhadap tarikan. Baja tulangan memiliki sifat yang sangat kuat dalam menahan tarikan. Ketika beban diterapkan pada struktur beton, terutama dalam situasi seperti peregangan dan tekanan, baja tulangan membantu mencegah retak dan kerusakan struktural.

Kedua, meningkatkan kekuatan struktural. Baja tulangan bertindak sebagai penguat struktur beton. Beton itu sendiri memiliki daya tahan yang baik terhadap tekanan, sedangkan baja tulangan melengkapi dengan ketahanan tarikan yang tinggi, sehingga menciptakan struktur yang lebih kuat dan tahan lama.

Ketiga, mengatasi peregangan. Baja tulangan membantu mengatasi perubahan dimensi yang terjadi pada beton akibat perubahan suhu dan beban eksternal. Untik mencegah terjadinya retak atau deformasi yang merusak struktur.

Keempat, meningkatkan daya lentur. Kombinasi beton dan baja tulangan memungkinkan struktur untuk lebih lentur. Ini sangat berguna dalam membangun struktur seperti jembatan dan gedung tinggi yang perlu menahan berbagai jenis beban.

Dengan menggabungkan sifat kuat tarik baja tulangan dengan daya tahan tekan beton, material ini menciptakan beton bertulang yang ideal untuk konstruksi berbagai macam struktur. Sehingga, baja tulangan adalah komponen penting dalam memastikan keamanan, kekuatan, dan ketahanan struktur beton dalam proyek konstruksi.

Masih membutuhkan informasi seputar besi beton SNI yang dicari? Hubungi kami di 081219655688.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *